Feed Shark <!--Can't find substitution for tag [blog.gizi-taput]-->

07 Desember 2009

Cara Cermat Memilih Karbohidrat Sehat

Karbohidrat adalah zat tepung yang berubah menjadi gula melalui proses pencernaan dalam tubuh. Nasi, pasta, roti, kentang dan sebagian sayuran yang kita konsumsi mengandung karbohidrat tinggi dan terproses menjadi gula yang tinggi pula.

Secara tidak sadar makanan yang kita konsumsi meskipun tidak manis bisa meningkatkan kadar gula dalam tubuh, seperti karbohidrat ini. Untuk itu lebih cermatlah dalam memilih makanan yang mengandung karbohidrat karena juga berefek pada kadar gula Anda. Berikut tips memilih karbohidrat sehat.

1. Pilihlah karbohidrat yang dibuat dari tepung gandum. Bisa roti gandum ataupun bubur gandum karena mengandung banyak serat dan bisa menurunkan kolesterol dalam darah. Untuk nasi, pilihlah beras merah, karena memiliki serat yang lebih banyak.

2. Kurangi konsumsi kentang dan gantilah dengan sayuran yang rendah karbohidrat seperti wortel atau bayam. anda tidak perlu menghilangkan kentang dari menu, tetapi batasilah konsumsinya. Meskipun tinggi kandungan karbohidrat, kentang mengandung karbohidrat sehat.

3. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran segar. Sayuran dan buah segar rasanya lebih lezat dan lebih manis. Rasa manis alami ini lebih aman dibandingkan rasa manis dari nasi, pasta, mie dan makanan berkabohidrat lain. Dengan mengonsumsi sayuran dan buah segar, kebutuhan serat, vitamin dan mineral Anda pun juga terpenuhi dengan lengkap.

4. Agar Anda cepat merasa kenyang lebih lama, selalu tambahkan kacang-kacangan dalam menu makanan. Dengan mengonsumsi karbohidrat kita memang akan merasa kenyang lebih lama. Nah, agar kita tidak terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, perbanyaklah kacang-kacangan dalam menu makanan Anda. kandungan protein pada kacang juga akan membuat kenyang lebih lama dan tentunya lebih sehat dibandingkan kenyang dengan karbohidrat.



Disadur oleh: Juli Oprianty Saragih SKM

0 komentar:

Posting Komentar